113 Tahun Kebangkitan Nasional Indonesia: Tetap Bangkit, Tetap Tangguh!

Istu Handayani, M.Pd

Penulis : Istu Handayani, M. Pd ( Guru Bahasa Inggris SMKN 7 Malang )

Kebangkitan Nasional Indonesia  merupakan peringatan atas bangkitnya nasionalisme, semangat juang dan semangat kebersamaan di kalangan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. Awal bangkitnya bangsa Indonesia terjadi pada periode paruh pertama abad ke-20 di Nusantara. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia”. Dua peristiwa penting yang menandai masa ini yaitu berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

Perubahan mendalam pada masyarakat Indonesia ini sering disebut sebagai “Kebangkitan Nasional Indonesia”. Faktor pendorong kebangkitan nasional terbagi menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal yakni:

(1) penderitaan yang berkepanjangan akibat penjajahan

(2) kenangan kejayaan masa lalu, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit

(3) munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin gerakan.

Sedangkan faktor eksternalnya yakni:

(1) timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika seperti nasionalismeliberalisme, dan sosialisme

(2) munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia seperti Turki MudaKongres Nasional India, dan Gandhisme

(3) kemenangan Jepang atas Rusia pada perang Jepang-Rusia yang menyadarkan negara-negara di Asia untuk melawan negara barat.[3]

Adapun peringatan pada tahun ini merupakan peringatan ke 113 tahun. Tema Harkitnas tahun 2021 adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh“. Tujuan dari peringatan ke 113 tahun kali ini adalah   untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan. Serta, selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19.

Hal terpenting yang harus kita lakukan saat ini adalah tetap membangkitkan semangat bangkit dan terus berjuang di antara bencana yang nmelanda dunia. Bencana bukanlah sebuah batas yang membuat kita terkungkung dan merasa tidak bisa melakukan apapun dengan maksimal. Hari Kebangkitan Nasional ini merupakan titik untuk bangkit berjuang melintas batas, memposisikan diri dalam kenormalan baru. Tetap berkarya, berkreasi, dan berdedikasi untuk kemajuan negeri dan perubahan diri menjadi lebih baik.

Tetap bangkit, tetap tangguh!