BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI SMK NEGERI 7 MALANG

Salah satu kegiatan wirausaha yang dimiliki oleh SMK Negeri 7 Malang adalah budidaya jamur tiram, pembudidayaanya sangat sederhana karena tidak membutuhkan biaya besar. Selain itu untuk tumbuhnyapun sangat cepat hanya dalam waktu 24 jam jamur yang baru dipetik sudah bisa dipanen lagi.

Budidaya jamur tiram tidak membutuhkan tempat yang luas, kebetulan SMK N 7 Malang memiliki sisa lahan kosong  yang tidak terlalu luas disamping perpustakaan sekolah yang belum dimanfaatkan, selain itu kondisinya yang lembab maka lahan itu sangat cocok untuk dijadikan tempat pembudidayaan jamur tiram.

Kegiatan penyuluhan dari petani jamur Bapak Mustakim (penjual baglog jamur)
Kegiatan penyuluhan dari petani jamur Bapak Mustakim (penjual baglog jamur)

Menurut Hermi N. P., S.Pd selaku ketua jurusan Analisis Pengujian LAB (APL), tercetus budidaya jamur pada saat ada kegiatan kawasan industri, kita di minta magang salah satunya cara budi daya jamur tiram, dan kami tertarik utk membina kegiatan UPJ jurusan kimia  analisis (KA) dan Analisis pengujian Laboratorium (APL).

Harga jual jamur tiram milik SMK N 7 ini sangat murah dibandingkan ditempat lainya,   untuk 250gram jamur dijual dengan harga Rp. 4000,00 dan untuk 1kg jamur dijual dengan harga Rp. 14.000,00. Biasanya jamur tiram ini dijual kewarga SMKN 7 Malang dan juga konsumen dari luar sekolah.

Jamur Tiram siap dipanen
Jamur Tiram siap dikemas
Jamur Tiram siap dipasarkan dalam Cup
Jamur Tiram siap dipasarkan dalam kemasan plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *