GURU SMKN 7 MALANG MENJADI PESERTA TERBAIK LOMBA PEMBELAJARAN DARING TINGKAT NASIONAL

Selamat kepada Guru SMK Negeri 7 Malang, Siti Hanik Zubaidah, S.Pd, M.Pd, atas prestasinya sebagai salah satu dari peserta terbaik dalam Lomba Pembelajaranan Daring Nasional yang diselenggarakan di UNESA.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis Unesa ke-56. Lomba pembelajaran Daring tingkat nasional ini meliputi jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 20 sampai dengan 30 Oktober, setelah itu semua perangkat  yang dibutuhkan untuk lomba seperti RPP pembelajaran daring, LKS, rubrik Penilaian, foto media yang digunakan, dan link presentasi pelaksanaan pembelajaran yang diupload pada YouTube harus dikirim sebelum tanggal 22 November 2020 melalui email. Pemberitahuan peserta terbaik diumumkan pada tanggal 7 Desember 2020 melalui website UNESA (https://unesa.ac.id/pengumuman/430/8-terbaik-lomba-inovasi-pembelajaran-daring-bagi-guru-sd-smp-smasmk-sederajat).

Menurut beliau sebenarnya lomba ini diikuti secara tidak sengaja, dengan niat awal adalah hanya ingin menjadi guru yang menyenangkan sehingga berusaha membuat pembelajaran yang menarik untuk siswa agar siswa merasa tertarik, tidak bosan, tidak merasa canggung atau takut kepada guru untuk menyampaikan ide dan gagasannya. Ketika mendapatkan informasi lomba pembelajaran daring yang diselenggarakan oleh UNESA maka apa yang sudah dilakukan dituangkanlah kedalam lomba.

Gambar 1. Sertifikat Peserta Terbaik

Model RRP yang dibuat menggunakan prinsip merdeka belajar atau pendidikan yang memerdekakan, artinya adalah guru harus mengajar dengan menyesuaikan kebutuhan siswa dengan cara bertanya kepada siswa tentang model dan metode pembelajaran seperti apa yang mereka inginkan. Dengan menggunakan model prinsip merdeka belajar yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran daring beliau menggunakan berbagai macam media pembelajaran seperti PowerPoint, Mentimeter, Virtual Whiteboard di Zoom, Jamboard, Padlet, Cisco webbex, youtube bahkan instagram.

Sebelum memulai pembelajaran beliau menggunakan kanvas pada instagram yang tujuannya untuk mengetahui metode pembelajaran daring seperti apa yang diinginkan siswa. Menurut hasil dari kanvas tersebut kebanyakan siswa lebih memilih menggunakan video pembelajaran dan PowerPoint. Pada akhir pembelajaran guru melakukan refleksi untuk mengetahui perasaan siswa setelah belajar dengan mentimeter.

Pada pertemuan selanjutnya beliau berusaha membuat video pembelajaran diupload di channel youtube dan juga membuat PowePoint dibagikan melalui Cisco Webbex. Kemudian menggunakan Jamboard dan padlet agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Jamboard adalah salah satu media agar siswa itu bisa menuangkan hasil belajarnya yang sudah dipelajari berupa konsep sedangkan padlet digunakan untuk menuliskan hasil dari hitungan karena beliau adalah guru fisika. Beliau juga melakukan pembelajaran online melalui melalui channel youtube RRI Malang secara live, dari siaran itu siswa dapat berinteraksi dengan baik kemudian mengerjakan tugas untuk merangkum apa yang telah diterima.

Gambar 2. Pemetaan Modul Pembelajaran yang Diinginkan Siswa
Gambar 3. Refleksi Pembelajaran menggunakan Mentimeter
Gambar 4. Kegiatan Belajar Mengajar menggunakan Zoom
Gambar 5. Penyelesaian Soal (yang variatif) menggunakan Padlet
Gambar 6. Refleksi Pembelajaran terkait konsep fisika menggunakan jamboard
Gambar 7. Penggunaan YouTube untuk Kegiatan Belajar Mengajar
Gambar 8. Interaksi dalam Kegiatan Belajar Mengajar melalui Siaran RRI

Setelah menerima kabar menjadi salah satu peserta terbaik dari lomba tersebut  perasaan yang dirasakan adalah merasa bersyukur dan tidak merasa bersalah kepada siswa atas apa yang telah diberikan kepada siswa selama ini, ujar Siti Hanik Zubaidah, S.Pd, M.Pd.

Semoga kemenangan ini dapat memberikan inspirasi bagi guru-guru yang lain untuk lebih berinovasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga berdampak positif bagi perkembangan pendidikan di SMKN 7 Malang.(sen/asr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *