Kawah Candradimuka dalam Mars Skavela

Jasmerah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Akronim ini sering kali menjadi penyemangat untuk menjadi bahan renungan seseorang akan keberadaan suatu hal.

Sebuah negara dengan jalan kemerdekaannya, romansa hubungan manusia dengan konfliknya, perjuangan kemajuan dengan perubahan dan pengorbanan, serta eksistensi problematika lainnya.

Adapun Skavela, SMK Negeri 7 Malang yang berdiri tahun 2004 silam, merupakan lembaga pendidikan vokasi yang mengedapankan kualitas pendidikan dengan memperhatikan detail proses pembelajaran.

Ranah dan sisi akademik maupun nonakademik diperhatikan dengan saksama dan keterukuran demi menuju kualitas produk dan alumni yang siap mental dan berkarakter wirausaha.

Sisi religius dan seni pun disentuh secara harmoni melalui irama Mars Skavela. Perpaduan musik ritmis dan penuh semangat tertata rapi dalam barisan nadanya.

Mars yang menggambarkan sekolah sebagai kawah candradimuka yang diakronimkan secara menarik dalam istilah ‘wasamaningan’ membuat mars ini sarat makna cita-cita dan pengabdian.

Kolaborasi, kerja sama, perhatian, kesungguhan, dan semangat dalam belajar dan membelajarkan senantiasa didengungkan dan disenandungkan oleh Pemimpin tertinggi sekolah, Drs. Mohammad Taufik, M. Pd.

“Wasamaningan, itu tujuanku”
“Wasamaningan, itu peganganku”

Dua larik di atas merupakan petikan syair Mars Skavela versi perdana karya Bapak Teguh Erwiyono, S. Pd, M. M., sang pencipta mars SMK Negeri 7 Malang pada tahun 2006/2007 yang lalu.

Dengan ide menelusuri jejak sejarah Skavela, Waka Kesiswaan, Ibu Siti Hanik Zubaidah, M. Pd, mencoba menjalin komunikasi kembali dengan pencipta Mars Skavela yang kini masih mengabdi di SMP Negeri 19 Kota Malang. Hal ini dimaksudkan, agar seluruh civitas Skavela mampu mengapresiasi dan mengimplementasikan secara utuh, kesatuan makna yang terkandung dalam mars Skavela.

Selain itu, upaya penerapan karakter yang terdapat dalam mars skavela merupakan dedikasi tinggi lembaga sebagai bagian penting pendidikan, di wilayah Kota Malang secara khusus, dan Jawa Timur pada umumnya.

Tujuan khusus dari adanya gubahan mars Skavela adalah terbentuknya tempat penggemblengan diri pribadi supaya kuat, terlatih, dan tangkas yang terbalut dalam diksi ‘wasamaningan, wadah sastra lan ambukaning kamandirian’, lembaga atau wadah berkreasi, seni, belajar, dan berinovasi dalam rangka membangun pribadi yang mandiri serta berkarakter.

Berikut adalah gubahan pertama mars Skavela

SMK Negeri 7 Malang, tempatku menggapai cita
Berjuang, bersatu, berpadu, demi masa depanku
SMK Negeri 7 jaya, membangun bangsa
Demi cita-cita bersama, Indonesia tercinta

Wasamaningan, itu pedomanku
Wasamaningan, itu harapanku
Wasamaningan, panduan langkahku
Mari bersama berpadu, tingkatkan prestasimu
Mari bersama berpacu, kembangkan kreasimu

SMK Negeri 7 Malang, tempatku menggapai cita
Berjanji, berbakti, mengabdi, demi ibu pertiwi
SMK Negeri 7 Malang, tetaplah jaya
Demi Skavela tercinta, untuk slama-lamanya

Wasamaningan, itu tujuanku
Wasamaningan, itu peganganku
Wasamaningan, panduan langkahku
Mari bersama Skavela membina anak bangsa
Mari bersama Skavela mendidik putra bangsa

Dan sebagai inovasinya, Skavela dalam rangka mengikat makna yang teremban dalam mars di atas, akan menyulam kembali diksi agar terbentuk makna yang lebih kental akan pengabdian dan kepekaan peserta didik.

Oleh karenanya, diperlukan dukungan yang menyeluruh agar mars ini dapat mengurat saraf dan terpatri dalam jiwa setiap warga sekolah yang lahir dari kawah candradimuka, Skavela.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *