Kerjasama Pembinaan Adiwiyata SMK Negeri 7 Malang Dengan Adiwiyata SMK Negeri 6 Malang

Talkshow

Giat Lokakarya Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) dan Adiwiyata SMK Negeri 6 Malang Tahun 2021 dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2021 mulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB bertempat di SMK Negeri 6 Malang. Giat ini merupakan rangkaian program Adiwiyata SMKN 6 Malang yang telah mendapatkan Adiwiyata Mandiri bahkan sampai tingkat Asean.

Adapun susunan acaranya yaitu:

  1. Talkshow
  2. Penandatanganan MOU dengan Mitra Industri dan Sekolah Binaan Adiwiyata
  3. House Tour SMKN 6 Malang

Acara talkshow mengundang beberapa pemateri, yaitu:

Wakil Walikota Malang       : Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko

‌Praktisi Adiwiyata              : Dr. Dhiah Saptorini, S.E., M.Pd.

Moderator                               : Didi Cahya

Sambutan Oleh Ketua Panitia Kegiatan : Bpk. Sulaiman Sulang

Adiwiyata bukanlah perlombaan, melainkan harus diterapkan dan dibiasakan dalam keseharian, karena prinsip dari Adiwiyata adalah pembiasaan kepedulian dan pembudayaan lingkungan hidup kepada siswa dan seluruh warga sekolah. Yang menjadi fokus utama dalam giat Adiwiyata adalah kontribusi yang diberikan kepada lingkungan, bukan fungsi lingkungan dan sarana/inovasi penunjangnya. Dan tujuannya adalah merubah perilaku warga sekolah agar lebih peduli dan cinta kepada lingkungan, baik dari sikap maupun pengetahuannya, sehingga dengan begitu kontribusi yang diberikan kepada lingkungannya akan dilaksanakan secara terbiasa dan bisa berlangsung secara kontinyu, bukan hanya pada saat penilaiannya saja.

Sambutan Kepala SMKN 6 Malang : Bpk. Drs. Sidik Priyono

Beberapa langkah” inovasi yang dilakukan oleh SMK Negeri 6 Malang dalam rangka peduli lingkungan adalah :

  • ‌bayar spp dengan sampah
  • pembelian kebutuhan pokok dan atk dengan sampah (sampah mart)
  • ‌menciptakan motor tenaga surya
  • ‌bergabung dalam HPAI yang dinaungi oleh PT Astra Indonesia
  • ‌membuka Kopi Vokasi untuk mengatasi masalah prakerin di masa pandemi
  • membuka Cuci Sepeda Motor berbayar sampah

Beberapa hal yang disiapkan dalam melangkah ke adiwiyata kota:

Buat perencanaan (RKJM 4 tahun), masukkan unsur” Pendidikan lh, penyusunan kurikulum di bab 2 dimasukkan PLH, RKAS, PERMEN KLH P.52 Tahun 2019 (mencakup format RKJM, dll), melibatkan secara aktif pembina Adiwiyata sekolah.

Adiwiyata harus dibiasakan dalam keseharian, sehingga secara tidak sadar akan membentuk pribadi dan perilaku alami siswa. Pelaksanaan adiwiyata atau peduli lingkungan harus dilakukan oleh semua pihak, baik siswa, guru, karyawan sekolah, maupun orang tua murid.

Pemkot bekerjasama dengan DLH dan Dinas Pendidikan Kota Malang menumbuhkan rasa cinta dan peduli lingkungan melalui giat Adiwiyata. Aspek lingkungan merupakan salah satu fokus persoalan yang selalu digiatkan oleh Pemkot Malang, dan diharapkan giat Adiwiyata di bidang pendidikan (sekolah) dilakukan secara kontinyu meskipun gelar atau predikat Adiwiyata telah didapatkan oleh sekolah tersebut, tidak hanya untuk mendapatkan predikat saja. Pengimbasan atau pembimbingan adiwiyata ataupun budaya lingkungan hidup juga bisa dilakukan kepada masyarakat atau lingkungan sekitar sekolah, entah itu untuk lingkungan RW yang ditempati oleh sekolah tsb, maupun lingkungan/area yang lainnya.

Setelah acara talkshow selesai, dilanjut dengan acara penandatanganan MOU oleh SMKN 6 Malang kepada beberapa mitra dan disahkan oleh Wakil Walikota Malang Bapak Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Salah satu pihak yang mendapat kesempatan untuk bekerjasama dengan SMKN 6 Malang adalah SMKN 7 Malang. Hal ini terkait dengan pembinaan Adiwiyata oleh SMKN 6 Malang kepada SMKN 7 Malang yang akan melaksanakan adiwiyata tingkat kota. Dengan inovasi” yang telah dilakukan oleh SMKN 6 Malang sehingga mengantarkan sekolahnya hingga mendapat Adiwiyata Mandiri dan bahkan tingkat Asean, SMKN 7 Malang berharap bisa mendapatkan ilmu dan bimbingan untuk mendapatkan Adiwiyata tingkat Kota.

Penandatanganan MOU Kerjsama Adiwiyata SMKN 6 Malang dengan SMKN 7 Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *